Selasa, 10 Mei 2011

menginstall pc



ii
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Menginstalasi PC
PENYUSUN
TIM FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2004
KODE MODUL
HDW.DEV.100.(2).A·
iii
KATA PENGANTAR
Modul dengan judul “Menginstalasi PC“ merupakan bahan ajar yang
digunakan sebagai panduan praktikum peserta diklat Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) untuk membentuk salah satu bagian dari kompetensi
bidang keahlian TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI pada Program
Keahlian TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN.
Modul ini menguraikan tentang cara atau proses dari menginstalasi PC
yang diawali dengan cara menentukan spesifikasi komputer hingga
pengujian PC. Kegiatan Belajar 1 membahas tentang cara memilih
komponen dan spesifikasi komputer. Kegiatan Belajar 2 membahas
tentang cara menginstalasi komponen PC. Kegiatan Belajar 3 merupakan
bahasan tentang cara mengkonfigurasi PC. Kegiatan Belajar 4 berisi
tentang bagimana menambah peralatan pada PC. Sedangkan Kegiatan
Belajar 5 membahas tentang bagaimana memeriksa hasil instalasi PC
Modul ini terkait dengan modul-modul lain yang membahas tentang
Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis text,
Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI,
Mengoperasikan periferal, Mengkonfigurasi dan menentukan spesifikasi
perangkat PC, termasuk komponen pada bagian input, proses dan output.
Oleh karena itu, sebelum menggunakan modul ini peserta diklat
diwajibkan telah mengambil modul-modul tersebut.
Yogyakarta, Desember 2004
Penyusun
Tim Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta
iv
DAFTAR ISI MODUL
Halaman
HALAMAN DEPAN .......................................................................... i
HALAMAN DALAM .......................................................................... ii
KATA PENGANTAR ......................................................................... iii
DAFTAR ISI MODUL ....................................................................... iv
PETA KEDUDUKAN MODUL ............................................................ vii
PERISTILAHAN / GLOSSARY ........................................................... ix
BAB I. PENDAHULUAN ............................................................. 1
A. DESKRIPSI JUDUL............................................................ 1
B. PRASYARAT..................................................................... 1
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL..................................... 2
1. Petunjuk Bagi Siswa .................................................... 2
2. Peran Guru ................................................................. 3
3. Tujuan Akhir .............................................................. 4
D. KOMPETENSi .................................................................. 4
E. CEK KEMAMPUAN ............................................................ 8
BAB II. PEMELAJARAN .............................................................. . 9
A. RENCANA PEMELAJARAN SISWA....................................... 9
B. KEGIATAN BELAJAR ......................................................... 11
1. Kegiatan Belajar : 1. Peralatan/Komponen dan Spesifikasi
pada PC ......................................................... 11
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran................................ 11
b.Uraian Materi 1..................................................... 11
c. Rangkuman 1....................................................... 22
d.Tugas 1 ............................................................... 22
e. Tes Formatif 1...................................................... 22
f. Kunci Jawaban Formatif 1 ..................................... 22
v
g.Lembar Kerja 1..................................................... 23
2. Kegiatan Belajar 2 : Perakitan PC dan Keselamatan
Kerja dalam Merakit Komputer .................................. 24
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran................................ 24
b.Uraian Materi 2..................................................... 24
c. Rangkuman 2....................................................... 35
d.Tugas 2 ............................................................... 35
e. Tes Formatif 2...................................................... 35
f. Kunci Jawaban Formatif 2 ..................................... 35
g.Lembar Kerja 2..................................................... 35
3. Kegiatan Belajar 3 : BIOS dan Konfigurasi Sistem ....... 38
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran ............................... 38
b. Uraian Materi 3..................................................... 38
c. Rangkuman 3....................................................... 47
d. Tugas 3 ............................................................... 47
e. Tes Formatif 3...................................................... 48
f. Kunci Jawaban Formatif 3 ..................................... 48
g. Lembar Kerja 3..................................................... 48
4. Kegiatan Belajar 4 : Peripheral PC dan Setting
Peripheral .................................................................. 50
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran ............................... 50
b. Uraian Materi 4..................................................... 50
c. Rangkuman 4....................................................... 60
d. Tugas 4 ............................................................... 60
e. Tes Formatif 4...................................................... 60
f. Kunci Jawaban Formatif 4 ..................................... 61
g. Lembar Kerja 4..................................................... 61
5. Kegiatan Belajar 5 : Pemeriksaan Hasil Perakitan PC dan
Peripheral ................................................................. 63
vi
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran ............................... 63
b. Uraian Materi 5..................................................... 63
c. Rangkuman 5....................................................... 65
d. Tugas 5 ............................................................... 66
e. Tes Formatif 5...................................................... 66
f. Kunci Jawaban Formatif 5 ..................................... 66
g. Lembar Kerja 5..................................................... 66
BAB III. EVALUASI .................................................................... 78
A. PERTANYAAN ........................................................... 78
B. KUNCI JAWABAN ...................................................... 78
C. KRITERIA KELULUSAN ............................................... 70
BAB IV. PENUTUP .................................................................... 71
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................... 72
vii
PETA KEDUDUKAN MODUL
SLTP & yang
sederajat
HDW.DEV.100.
(2).A·
1 2 3
I II III
LULUS SMK
HDW.MNT.201.
(2).A
HDW.MNT.203.
(2).A
SWR.OPR.101.
(2).A·
SWR.OPR.100.
(1).A
HDW.MNT.102.
(2).A
SWR.OPR.102.
(2).A·
HDW.MNT.101.
(2).A
HDW.MNT.204.
(2).A
SWR.MNT.201.
(1).A
NTW.OPR.100.
(2).A·
HDW.MNT.202.
(2).A
HDW.MNT.205.
(2).A
SWR.OPR.103.
(2).A·
SWR.OPR.104.
(2).A·
NTW.OPR.200.
(2).A·
NTW.MNT.201.
(2).A·
NTW.MNT.202.
(2).A·
NTW.MNT.300.
(3).A·
A 4
LULUS SMK
IV
viii
Keterangan :
HDW.DEV.100.(2).A· Menginstalasi PC
HDW.MNT.201.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan
periferal
HDW.MNT.203.(2).A Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang
sistem PC
HDW.MNT.204.(2).A Melakukan perbaikan periferal
HDW.MNT.101.(2).A Melakukan perawatan PC
HDW.MNT.102.(2).A Melakukan perawatan periferal
SWR.OPR.101.(2).A· Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical
User Interface)
SWR.OPR.102.(2).A· Menginstalasi sistem operasi berbasis text
SWR.OPR.100.(1).A Menginstalasi software
SWR.MNT.201.(1).A Mem-Back-Up dan Me-Restore software
NTW.OPR.100.(2).A· Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area
Network)
HDW.MNT.202.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC
yang tersambung jaringan
HDW.MNT.205.(2).A Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang
koneksi jaringan
SWR.OPR.103.(2).A· Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI
(Graphical User Interface)
SWR.OPR.104.(2).A· Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text
NTW.OPR.200.(2).A· Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas
(Wide Area Network )
NTW.MNT.201.(2).A· Mendiagnosis permasalahan perangkat yang
tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area
Network )
NTW.MNT.202.(2).A· Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang
koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
NTW.MNT.300.(3).A· Mengadministrasi server dalam jaringan
A Merancang bangun dan menganalisa Wide Area
Network
· Dalam tahap penyusunan SKKNI
ix
PERISTILAHAN/GLOSSARY
BIOS : Basic Input Output system . Software yang dipasang pada
chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar,
harddisk, memory, VGA, dll. Bagian dari sistem operasi
yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan
untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket
sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari
sistem dan umumnya tersimpan secara permanen.
Program yang digunakan mikroprosesor untuk
menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data
antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan
yang terhubung pada komputer.
Bus : Saluran yang terdiri dari sekumpulan jalur yang sejenis.
Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi
informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi
tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.
Cache Memory:Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama
dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan
memori utama yang lamban.
Casing : Casing. Kotak tempat mesin komputer (motherboard dan
pendukungnya, power supply, disk drive, hardisk, CD ROM
drive). Wadah atau tempat melindungi motherboard,
control board, power supply disk drive dan komponenkompenen
lainnya. Sebuah case komputer sebenarnya tak
lebih dari rangka dari sebuah komputer. Case ini adalah
tempat komponen-komponen yang membentuk sebuah
sistem komputer terletak, juga untuk meletakkan alat
x
pendingin (cooling fan), dan juga meng-ground listrik
yang terdapat pada komponen-komponen yang ada
melalui rangka yang terbuat dari besi. Case yang besar
dengan tempat ekspansi yang banyak lebih disukai,
dengan adanya ruang ekspansi yang banyak anda dapat
menambahkan perangkat-perangkat lain dengan mudah.
Contoh perangkat-perangkat yang dapat ditambahkan ini
misalnya drive DVD, CD writer, dan lain-lain. Saat ini case
dengan bentuk tower biasanya lebih disukai daripada case
dengan bentuk desktop karena memiliki tempat yang lebih
luas untuk ekspansi, dan juga dapat memiliki kemampuan
pendinginan yang lebih baik. Sebuah case bisa berupa AT
atau ATX, dimana perbedaannya terletak pada posisi
motherboard nantinya, demikian pula power supply yang
datang bersama case tersebut. Case komputer biasanya
datang bersama-sama dengan power supply, walaupun
kadang-kadang disarankan agar anda membeli power
supply terpisah sehingga bisa mendapatkan kedua barang
tersebut dengan kualitas yang sama-sama tinggi.
CD ROM Drive :Alat pemutar CD ROM. Suatu drive untuk merekam atau
memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah
CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical)
dan WORM (Write Once Read Many).
CGA : Color Graphics Adaptor. Salah satu tipe monitor, yaitu
standar Ibm untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam
mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna.
Clock : Jam/pewaktu. Rangkaian pembangkit frekuensi. Sumber
utama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakan
untuk menyamakan operasi semua elemen komputer.
xi
CMOS : Compelementary Metal Oxide Semiconductor. RAM
kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS
saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan
perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC
dengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOS
digunakan untuk menyimpan program konfigurasi,
program diagnostik dan informasi tanggal dan waktu
pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputer
dimatikan.
CPU : Central Processing Unit. Unit pemroses utama dalam istilah
teknik disebut mikroprosesor, sedang dalam pengertian
umum adalah mesin komputer yaitu casing beserta semua
isi didalamnya. Pusat pengolahan masukan sehingga
menghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semua
register, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb.
CRT : Catoda Ray Tube Teknologi yang dipakai untuk membuat
sistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabung
sinar katoda.
Disk : Suatu media penyimpanan data. Yang dimaksud dengan
disk adalah floppy disk atau hard disk. Sedangkan floppy
disk adalah disket. Piringan tipis yang dilapisi bahan
magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah
data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi
dipusatkan pada track.
DRAM : Dynamic RAM. Memori PC yang dapat dibaca dan ditulisi.
Untuk menyimpan data dalam memori, isinya perlu di
refresh secara periodik. Jenis memori ini banyak
xii
digunakan pada bagian memori utama yang digunakan
untuk rutin proses.
Drive : Pintu, penggerak disk.
EGA : Enhanced Graphics Adaptor. Salah satu standard
resolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warna
dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA.
Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna
pada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25
karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4
warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350
titik. Perkembangan dari jenis EGA diantaranya adalah ATI
Technologies Inc dengan card bernama EGA WONDER,
dapat menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGA
masih memakai konektor monitor yang sama dengan
monitor jenis CGA dan Monochrome. EVEREX
mengeluarkan card EPGA (Enhanced Proffesional Graphics
Adapter), mampu menampilkan 649 x 480 titik (dot)
dengan 256 warna, dari 4096 kombinasi warna dasar
(pallette). EPGA dan disebut juga PEGA (Proffesional
Enhanced Graphics Adapter), ataupun PGA (Proffesional
Graphics Adapter), menampilkan layar teks 132 x 43
karakter pada multi frekuensi atau Ulta sync, dan
fleksibilitas yang dapat menggunakan monitor
monochrome maupun enhanced monitor. Monitor ini
mempergunakan konektor 9 pin yang terdiri dari 2 baris.
Hard disk : Media penyimpan data berkapasitas besar.
Head : Kepala, ujung perekam, bagian dari drive atau disk yang
berfungsi untuk membaca atau menulis.
Keyboard : Papan kunci, papan ketik.
xiii
Motherboard : Papan rangkaian komputer tempat semua komponen
elektronik komputer terangkai.
Peripheral : Peralatan. Spesifikasi peralatan pendukung yang
dibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat bekerja secara
optimal.
PIC : Programmable Interupt Controller. Kendali sela
terprogram. Chip yang berfungsi untuk mengendalikan
proses penyelaan antar periferal. Alat pengendali sela
periferal yang membantu kerja CPU dalam proses
penyelaan.
Power Supply : Suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai
pencatu daya/pemberi sumber tegangan/arus pada
peralatan.
VRAM : Video Random Access Memory (Video RAM) Tipe spesial
dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed
memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal
bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.
1
BAB I
PENDAHULUAN
A. DESKRIPSI JUDUL
MENGINSTALASI PC merupakan modul teori dan atau praktikum
yang membahas tentang cara menentukan spesifikasi komputer,
merakit/menginstalasi komponen dan peralatan komputer, pengesetan
peralatan dan pengujian komputer PC dan peralatannya.
Modul ini terdiri dari 5 (lima) kegiatan belajar, yaitu pemilihan
komponen dan spesifikasi komputer, cara menginstalasi komponen PC,
cara mengkonfigurasi, penambahan peralatan, dan pemeriksaan hasil
instalasi.
B. PRASYARAT
Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini
adalah :
1. Peserta diklat telah lulus modul / materi diklat Mengoperasikan PC
stand alone dengan sistem operasi berbasis text.
2. Peserta diklat telah lulus modul / materi Mengoperasikan PC
stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI.
3. Peserta diklat telah lulus modul / materi diklat Mengoperasikan
peripheral.
4. Peserta diklat menguasai konsep dasar listrik termasuk listrik statis
dan dinamis (Mata Diklat Fisika).
5. Peserta diklat mampu mengkonfigurasi dan menentukan
spesifikasi perangkat PC, termasuk komponen pada bagian input,
proses dan output.
6. Peserta diklat mampu membaca gambar
2
7. Peserta diklat mampu berbahasa inggris
8. Peserta diklat dapat menggunakan peralatan tangan dan
peralatan listrik umum.
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1. Petunjuk Bagi Siswa
Siswa diharapkan mampu berperan aktif dan berinteraksi dengan
sumber belajar yang mendukungnya, karena itu harus diperhatikan
beberapa hal sebagai berikut :
a. Langkah – langkah Belajar
Untuk menjadi lebih kompeten dan profesional dalam pekerjaan
menginstalasi PC, maka Anda harus mencermati beberapa hal berikut :
1) Apa yang harus diketahui tentang menginstalasi PC ?
2) Apa yang harus dikerjakan dalam menginstalasi PC ?
3) Bagaimana mengetahui bahwa kita telah berhasil atau belum
dalam menginstalasi PC ?
4) Apa yang harus dilakukan jika kita belum berhasil dalam
menginstalasi PC ?
5) Apa yang harus dilakukan jika kita telah berhasil dalam
menginstalasi PC ?
b. Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan
Untuk menunjang keselamatan kerja dan kelancaran tugas yang akan
Anda lakukan, maka persiapkanlah seluruh perlengkapan yang
diperlukan sesuai dengan jenis tugas pada masing-masing kegiatan
pemelajaran.
3
c. Hasil Pelatihan
Anda akan mampu melakukan tugas/pekerjaan menginstalasi PC
sesuai dengan spesifikasi yang dikehendaki.
2. Peran Guru
Guru yang akan mengajarkan modul ini hendaknya mempersiapkan
diri sebaik-baiknya yaitu mencakup aspek strategi pemelajaran,
penguasaan materi, pemilihan metode, alat bantu media pemelajaran,
dan perangkat evaluasinya.
Selain itu guru hendaknya :
a. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar
b. Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan
dalam tahap belajar
c. Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktik baru serta
menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa
d. Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber
tambahan lain yang diperlukan untuk belajar
e. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan
f. Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja
untuk membantu jika diperlukan
g. Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya
h. Melaksanakan penilaian
i. Menjelaskan kepada siswa tentang sikap pengetahuan dan
keterampilan dari suatu kompetensi yang perlu untuk dibenahi
dan merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya.
j. Mencatat pencapaian kemajuan siswa
4
D. TUJUAN AKHIR
1. Peserta diklat mampu membuat daftar rencana kebutuhan dan
spesifikasi PC sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan.
2. Peserta diklat mampu menginstalasi PC sesuai dengan spesifikasi
yang diberikan.
3. Peserta diklat mampu menginstalasi peripheral pada PC dengan
benar.
4. Peserta diklat mampu memperbaiki kesalahan instalasi pada PC.
E. KOMPETENSI
Kompetensi yang akan dipelajari adalah Menginstalasi PC dengan
uraian seperti yang diperlihatkan dalam tabel Kompetensi
Menginstalasi PC di bawah ini.
5
KOMPETENSI : Menginstalasi PC
KODE : HDW.DEV.100.(2).A
DURASI PEMELAJARAN : 232 Jam @ 45 menit
A B C D E F G
LEVEL KOMPETENSI KUNCI
2 1 2 2 1 2 2
KONDISI KINERJA
1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
§ SOP perakitan PC;
§ Instruction Manual dari masing-masing peralatan;
§ Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
§ Peralatan atau instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
§ HDW.OPR.101.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis text, atau;
§ HDW.OPR.102.(1).A Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI;
§ HDW.OPR.105.(1).A Mengoperasikan periferal.
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
§ Konsep dasar listrik, termasuk listrik statis dan dinamis (Mata Diklat Fisika);
§ Konfigurasi dan spesifikasi perangkat PC, termasuk komponen pada bagian input, proses dan output.
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Merencanakan kebutuhan
dan spesifikasi
§ Daftar kebutuhan dan
spesifikasi komputer telah
tersedia
§ Buku manual dan petunjuk
pengoperasian komponen
telah tersedia
§ Jenis-jenis peralatan / komponen
pada PC serta spesifikasi masingmasing
§ Memilih peralatan/
komponen PC secara
teliti.
§ Mengedepankan sifat
jujur dalam pemilihan
komponen berdasarkan
prinsip ekonomi
§ Menjelaskan diagram
blok komputer dan
fungsi masing-masing
§ Menjelaskan jenis-jenis
piranti input dan
output serta spesifikasi
dan perkembangannya
§ Membuat daftar
rencana kebutuhan dan
spesifikasi PC
§ Menjelaskan jenis-jenis
piranti proses serta
spesifikasi dan perkembangannya.
6
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
2. Menginstalasi komponen
PC
§ Prosedur / SOP perakitan
disiapkan
§ Peralatan instalasi (tools kit)
disiapkan
§ Perangkat yang ingin
diinstalasi diuji sesuai dengan
manual tiap-tiap komponen
§ Perangkat PC dirakit menggunakan
prosedur, cara/metode
dan peralatan yang sudah
ditentukan
§ Langkah-langkah perakitan
komputer serta prosedur dan
keselamatan kerja pada saat
merakit komputer
§ Melaksanakan
Keamanan dan
Keselamatan Kerja
(K3) dalam pengoperasian
peralatan
§ Memperlihatkan sikap
cermat dan teliti dalam
menerapkan prosedur
perakitan PC
§ Menjelaskan prosedur
baku perakitan
§ Menguraikan karakteristik
dan tata cara penanganan
tiap-tiap
komponen PC
§ Menguji komponenkomponen
PC sesuai
dengan buku manual
§ Menginstalasi
komponen PC
3. Mengatur komponen PC
menggunakan software
(melalui setup BIOS dan
aktifasi komponen
melalui sistem operasi)
§ Komponen PC (misal VGA dan
Sound Card On Board) diatur
menggunakan software, baik
yang me-rupakan software
bawaan ataupun melalui
BIOS, sesuai dengan buku
manual tiap-tiap komponen
§ Jenis-jenis BIOS
§ Menu pada BIOS dan fungsi
masing-masing
§ Mengikuti prosedur
dalam pengaturan
BIOS
§ Mengidentifikasi
komponen PC yang
membutuhkan aktivasi
melalui BIOS
§ Melakukan setting BIOS
pada jenis PC yang berbeda
4. Menyambung / memasang
periferal (secara
fisik) dan setting periferal
menggunakan softwar
§ Periferal dipasang / disambung
sesuai dengan SOP
§ Periferal disetting dengan
software spesifik sesuai
dengan buku manual
§ Jenis-jenis dan fungsi periferal
standard
§ Jenis dan fungsi perangkat
identifikasi modern (misal :
barcode, finger scan, retina scan)
§ Jenis, fungsi dan prinsip kerja
perangkat
§ penyimpanan modern (misal :
flash disk, DVD Ram, card reader,
CD RW, DVD RW)
§ Jenis, fungsi dan prinsip kerja
perangkat komunikasi (misal :
modem, IrDA, WiFi, Bluetooth)
§ Cara memasang periferal pada PC
§ Cara mensetting periferal pada
PC
§ Mengikuti prosedur
pemasangan periferal
pada PC
§ Menguraikan jenis dan
fungsi periferal yang
digunakan pada PC
§ Memasang periferal
pada PC
§ Mensetting periferal
pada PC
7
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
5. Memeriksa hasil perakitan
PC dan pemasangan
periferal
§ Hasil perakitan PC dan pemasangan
periferal diidentifikasi
§ Perakitan, jenis komponen
dan setting yang dilakukan
dicatat dan dilaporkan sesuai
dengan SOP yang berlaku.
§ PC yang telah dirakit diuji
tampilan dan berfungsi
dengan baik
§ PC dapat digunakan sesuai
dengan kriteria unjuk kerja
§ pada unit kompetensi
HDW.OPR.101.(1).A atau
HDW.OPR.102.(1).A
§ Periferal dapat digunakan
sesuai dengan kriteria unjuk
kerja pada unit kompetensi
HDW.OPR.105.(1).A
§ Cara identifikasi hasil perakitan
PC dan pemasangan periferal
§ Mengikuti aturan
dalam pengujian PC
dan periferal
§ Menjelaskan tujuan,
produk, prosedur dan
cara penggunaan peralatan
untuk diagnosis
§ Memeriksa hasil perakitan
PC
§ Memeriksa hasil pemasangan
perifera
§ Hasil yang diperoleh pada
pemeriksaan hasil pera-kitan
PC dan pemasangan periferal
dilaporkan sesuai dengan
format dan pro-sedur yang
telah ditetap-kan (pada logsheet
/ report-sheet).
8
F. CEK KEMAMPUAN
Untuk mengetahui kompetensi awal yang telah Anda miliki, maka isilah
cek lis (Ö) seperti pada tabel pernyataan di bawah ini sesuai
kemampuan yang anda miliki.
Saya dapat
Melakukan
Pekerjaan ini
dengan
Kompeten
Sub
Kompetensi Pernyataan
Ya Tidak
Bila
Jawaban
“Ya”
Kerjakan
Merencanakan
kebutuhan dan
spesifikasi
1. Mengetahui komponen
dan spesifikasi pada PC
2. Membuat daftar
rencana kebutuhan dan
spesifikasi PC
Tes Formatif
1
Menginstalasi
komponen PC
Menguji dan Menginstalasi
komponen PC
Tes Formatif
2
Mengatur
komponen PC
menggunakan
software (melalui
setup BIOS dan
aktifasi komponen
melalui sistem
operasi)
Menyeting BIOS pada
berbagai PC
Tes Formatif
3
Menyambung /
memasang
peripheral (secara
fisik) dan setting
peripheral
menggunakan
software
Menginstalasi peripheral
pada PC
Tes Formatif
4
Memeriksa hasil
perakitan PC dan
pemasangan
peripheral
Memeriksa hasil perakitan
PC dan instalasi peripheral
pada PC
Tes Formatif
5
Apabila anda menjawab TIDAK pada salah satu pernyataan di atas,
maka pelajarilah modul ini.
9
BAB II
PEMELAJARAN
A. RENCANA PEMELAJARAN SISWA
Kompetensi : M enginstalasi PC
Sub Kompetensi : Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat
Belajar
Alasan
Perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar