Selasa, 10 Mei 2011

Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC Dan Peripheral



ii
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Mendiagnosis Permasalahan
Pengoperasian PC Dan
Peripheral
PENYUSUN
TIM FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2004
KODE MODUL
HDW.MNT.201.(2).
A
iii
KATA PENGANTAR
Modul dengan judul “Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC
dan peripheral “ merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai
panduan praktikum peserta diklat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
untuk membentuk salah satu bagian dari kompetensi bidang keahlian
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI pada Program Keahlian
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN.
Modul ini menguraikan tentang cara atau proses mengidentifikasi masalah
melalui gejala yang muncul, memilah masalah berdasar-kan kelompok dan
mengisolasi permasalahan. Kegiatan Belajar 1 membahas tentang
Pengenalan pesan/peringatan kesalahan saat booting pada PC melalui
POST. Kegiatan Belajar 2 membahas tentang cara Pengenalan
pesan/peringatan kesalahan saat aktifasi sistem operasi dan menjalankan
aplikasi program.Memeriksa kinerja dan performanssi PC . Kegiatan
Belajar 3 merupakan bahasan tentang Penyimpangan fungsi peralatan
Input/Output 4 berisi tentang bagimana memilah masalah berdasar-kan
kelompoknya 5 membahas tentang bagaimana mengisolasi permasalahan
Modul ini terkait dengan modul-modul lain yang membahas tentang
Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis text,
Mengoperasikan PC stand alone dengan sistem operasi berbasis GUI,
Mengoperasikan peripheral, Mengkonfigurasi dan menentukan spesifikasi
perangkat PC, termasuk komponen pada bagian input, proses dan output.
Oleh karena itu, sebelum menggunakan modul ini peserta diklat
diwajibkan telah mengambil modul-modul tersebut.
Yogyakarta, Desember 2004
Penyusun
Tim Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta
iv
DAFTAR ISI MODUL
Halaman
HALAMAN DEPAN ............................................................................ i
HALAMAN DALAM ............................................................................ ii
KATA PENGANTAR ........................................................................... iii
DAFTAR ISI MODUL ......................................................................... iv
PETA KEDUDUKAN MODUL .............................................................. viii
PERISTILAHAN / GLOSSARY .............................................................x
I. PENDAHULUAN ..................................................................1
A. DESKRIPSI JUDUL ............................................................1
B. PRASYARAT .....................................................................1
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL .....................................2
1. Petunjuk Bagi Siswa ....................................................2
2. Peran Guru .................................................................3
D. TUJUAN AKHIR ................................................................4
E. KOMPETENSI ...................................................................4
F. CEK KEMAMPUAN ............................................................9
II. PEMELAJARAN ...................................................................10
A. RENCANA PEMELAJARAN SISWA .......................................10
B. KEGIATAN BELAJAR ..........................................................12
1. Kegiatan Belajar : 1.Pengenalan pesan/peringatan
kesalahan saat booting pada PC melalui POST..............12
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran..................................12
b. Uraian Materi 1.......................................................12
1. Prosedur POST....................................................13
2. Pesan/Peringatan Kesalahan Test POST ................14
v
3. Langkah-Langkah Mengenal dan mengidentifikasi
Pesan/Peringatan Kesalahanmelalui Test POST .....16
c. Rangkuman 1.........................................................17
d. Tugas 1 .................................................................17
e. Tes Formatif 1........................................................17
f. Kunci Jawaban Formatif 1 .......................................18
g. Lembar Kerja 1.......................................................18
2...Kegiatan Belajar 2 : Pengenalan pesan/peringatan
kesalahan saat aktifasi sistem operasi dan
mejalankan aplikasi program .......................................20
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran .................................20
b. Uraian Materi 2.......................................................22
1. Prosedur Test.....................................................22
2. Pesan/Peringatan Kesalahan ...............................22
3. Langkah-Langkah Mengenal dan mengidentifikasi
Pesan/Peringatan Kesalahan ...............................26
c. Rangkuman 2.........................................................26
d. Tugas 2 .................................................................26
e. Tes Formatif 2........................................................27
f. Kunci Jawaban Formatif 2 .......................................27
g. Lembar Kerja 2.......................................................28
3. Kegiatan Belajar 3 : Penyimpangan fungsi
peralatan Input/Output:...............................................30
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran .................................30
b. Uraian Materi 3.......................................................30
1. Prosedur Test.....................................................31
2. Pesan/Peringatan Kesalahan ...............................32
3. Langkah-Langkah Mengenal dan mengidentifikasi
Pesan/Peringatan Kesalahan ...............................33
vi
c. Rangkuman 3.........................................................34
d. Tugas 3 .................................................................34
e. Tes Formatif 3........................................................34
f. Kunci Jawaban Formatif 3 .......................................34
g. Lembar Kerja 3.......................................................35
4. Kegiatan Belajar 4 : Pengklasifikasian berdasarkan
kelompok masalah, Identifikasi kemungkinan
penyebab dan Menentukan hipotesa awal penyebab
masalah:......................................................................37
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran .................................37
b. Uraian Materi 4.......................................................37
1. Klasifikasi Permasalahan Pengoperasian PC...........37
2. Identifikasi Kemungkinan Penyebab Permasalahan 42
3. Menentukan Hipotesa Awal Penyebab Masalah......42
4. Prosedure Tes .....................................................43
c. Rangkuman 4.........................................................45
d. Tugas 4 .................................................................45
e. Tes Formatif 4........................................................45
f. Kunci Jawaban Formatif 4 .......................................46
g. Lembar Kerja 3.......................................................46
5. Kegiatan Belajar 5 : Pemeriksaan berdasarkan urutan
yang telah ditentukan ..................................................50
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran .................................50
b. Uraian Materi 5.......................................................50
1. Prosedur Test......................................................51
c. Rangkuman 5.........................................................53
d. Tugas 5 .................................................................53
e. Tes Formatif 5........................................................53
f. Kunci Jawaban Formatif 5 .......................................54
vii
g. Lembar Kerja 5.......................................................55
III. EVALUASI ...........................................................................57
A. PERTANYAAN ..................................................................61
B. KUNCI JAWABAN .............................................................61
C. KRITERIA KELULUSAN ......................................................63
IV.PENUTUP ............................................................................70
V. DAFTAR PUSTAKA .............................................................71
viii
PETA KEDUDUKAN MODUL
SLTP & yang
sederajat
HDW.DEV.100.
(2).A·
1 2 3
I II III
LULUS SMK
HDW.MNT.201.
(2).A
HDW.MNT.203.
(2).A
SWR.OPR.101.
(2).A·
SWR.OPR.100.
(1).A
HDW.MNT.102.
(2).A
SWR.OPR.102.
(2).A·
HDW.MNT.101.
(2).A
HDW.MNT.204.
(2).A
SWR.MNT.201.
(1).A
NTW.OPR.100.
(2).A·
HDW.MNT.202.
(2).A
HDW.MNT.205.
(2).A
SWR.OPR.103.
(2).A·
SWR.OPR.104.
(2).A·
NTW.OPR.200.
(2).A·
NTW.MNT.201.
(2).A·
NTW.MNT.202.
(2).A·
NTW.MNT.300.
(3).A·
A 4
LULUS SMK
IV
ix
Keterangan :
HDW.DEV.100.(2).A· Menginstalasi PC
HDW.MNT.201.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan
periferal
HDW.MNT.203.(2).A Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang
sistem PC
HDW.MNT.204.(2).A Melakukan perbaikan periferal
HDW.MNT.101.(2).A Melakukan perawatan PC
HDW.MNT.102.(2).A Melakukan perawatan periferal
SWR.OPR.101.(2).A· Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical
User Interface)
SWR.OPR.102.(2).A· Menginstalasi sistem operasi berbasis text
SWR.OPR.100.(1).A Menginstalasi software
SWR.MNT.201.(1).A Mem-Back-Up dan Me-Restore software
NTW.OPR.100.(2).A· Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area
Network)
HDW.MNT.202.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC
yang tersambung jaringan
HDW.MNT.205.(2).A Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang
koneksi jaringan
SWR.OPR.103.(2).A· Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI
(Graphical User Interface)
SWR.OPR.104.(2).A· Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text
NTW.OPR.200.(2).A· Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas
(Wide Area Network )
NTW.MNT.201.(2).A· Mendiagnosis permasalahan perangkat yang
tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area
Network )
NTW.MNT.202.(2).A· Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang
koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
NTW.MNT.300.(3).A· Mengadministrasi server dalam jaringan
A Merancang bangun dan menganalisa Wide Area
Network
· Dalam tahap penyusunan SKKNI
x
PERISTILAHAN/GLOSSARY
Beep : bunyi speaker yang dikeluarkan komputer pada proses post
atau pada saat ada kesalahan/gangguang tertentu. Suara
yang muncul melalui speaker komputer, umunya
menunjukkan adanya kesalahan dalam program yang
sedang berjalan. Beep dapat ditambahkan dalam program
yang dibuat dengan menyisipkan kode ASCII 7.
BIOS : Basic input output system. Software yang dipasang pada
chip komputer:untuk mengatur operasi dasar seperti setting
layar, harddisk, dan booting. Bagian dari sistem operasi
yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan
untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket
sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari
sistem dan umumnya tersimpan secara permanen. Program
yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer.
BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi
komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada
komputer.
Booting : Proses menghidupkan komputer.
Bus : Saluran yang terdiri dari sekumpulan jalur yang sejenis.
Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi
informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi
tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.
CMOS : Compelementary Metal Oxide Semiconductor. RAM
kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat
komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan perluasan
xi
dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan
kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOS digunakan untuk
menyimpan program konfigurasi, program diagnostik dan
informasi tanggal dan waktu pembuatan file yang tidak akan
hilang meskipun komputer dimatikan.
CD ROM Drive:Alat pemutar CD ROM. Suatu drive untuk merekam atau
memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CDROM
(CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) dan
WORM (Write Once Read Many).
Com : Singkatan dari Communications atau sering disebut serial
port, yaitu komponen yang menghubungkan CPU dengan
printer, modem dan alat lainnya.
CPU : Central Processing Unit. Unit pemroses utama dalam istilah
teknik disebut mikroprosesor, sedang dalam pengertian
umum adalah mesin komputer yaitu casing beserta semua
isi didalamnya. Pusat pengolahan masukan sehingga
menghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semua
register, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb.
Disk : Suatu media penyimpanan data. Yang dimaksud dengan
disk adalah floppy disk atau hard disk. Sedangkan floppy
disk adalah disket. Piringan tipis yang dilapisi bahan
magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah
data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi
dipusatkan pada track.
Drive : Pi ntu, penggerak disk.
xii
Driver : S of tware yang menjadikan sistem operasi bisa
berkomunikasi dengan peripheral atau alat lain, misalnya
mouse driver untuk mengendalikan mouse.
Hard disk : Media penyimpan data berkapasitas besar.
LPT : Line Printing Terminal atau paralel port. Port untuk
menghubungkan PC dengan printer.
Motherboard: Papan rangkaian komputer tempat semua komponen
elektronik komputer terangkai.
Peripheral : Peralatan. Spesifikasi peralatan pendukung yang dibutuhkan
oleh sebuah PC agar dapat bekerja secara optimal.
PCI : Peripheral Component Interconnect. Peripheral bus yang
umum digunakan pada PC, Macintosh dan workstation.
Pertama kali didesain oleh Intel dan muncul di pasaran pada
akhir 1993. PCI menyediakan jalur transfer data cepat
antara CPU dengan komponen-komponen peripheral lain di
PC seperti video, disket, jaringan dan lain-lain.
POST : Power on Self-Test yaitu test yang dilakukan oleh PC untuk
mengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC untuk
bekerja dengan baik.
Power Supply: Suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pencatu
daya/pemberi sumber tegangan/arus pada peralatan.
VRAM : Video Random Access Memory (Video RAM) tipe spesial dari
DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory
melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila
dibandingkan chips DRAM yang konvensional.
xiii
RAM : Random Access Memory, memori yang dapat dibaca dan
ditulis. Informasi akan hilang jika komputer mati.
Reset : Mengosongkan memori atau mengenolkan logika keluaran.
Memulai dari awal.
USB : Universal Serial Bus. Socket yang terdapat di semua PC
model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USB
mendukung instalasi yang mudah dengan system Plug and
Play, dan secara bertahap menggantikan port serial dan
pararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner, modem
dan printer..
Tata letak : yaitu gambar susunan komponen-komponen elektonika
dalam bentuk gambar wajah dengan ukuran yang tepat
sama.
1
BAB I
PENDAHULUAN
A. DESKRIPSI JUDUL
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan peripheral
merupakan modul teori dan atau praktikum yang membahas tentang
cara mengenal dan mengidentifikasi pesan/peringatan kesalahan yang
ditunjukkan oleh Komputer PC sebagai petunjuk adanya permasalahan
pengoperasian PC dan peripheral.
Modul ini terdiri dari 5 (lima) kegiatan belajar, yang tercakup di dalam
proses Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul, Memilah
masalah berdasar-kan kelompok dan Mengisolasi permasalahan
B. PRASYARAT
Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini
adalah :
1. Peserta diklat telah lulus modul / materi diklat Menginstalasi PC.
2. Peserta diklat menguasai Alat ukur listrik.
3. Peserta diklat mampu mengkonfigurasi dan menentukan
spesifikasi perangkat PC, termasuk komponen pada bagian input,
proses dan output.
4. Peserta diklat manguasai Cara kerja komponen / modul yang
didiagnosis
5. Peserta diklat mangetahui Tujuan, produk, prosedur dan cara
penggunaan peralatan untuk diagnosis dan perbaikan
6. Peserta diklat mangetahui Prosedur dan tindakan perbaikan untuk
setiap komponen / modul
7. Peserta diklat mampu berbahasa inggris
2
8. Peserta diklat dapat menggunakan peralatan tangan dan
peralatan listrik umum.
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1. Petunjuk Bagi Siswa
Siswa diharapkan mampu berperan aktif dan berinteraksi dengan
sumber pemelajaran yang mendukungnya, karena itu harus
diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
a. Langkah – langkah Belajar
Untuk menjadi lebih kompeten dan profesional dalam pekerjaan
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan
peripheral, maka Anda harus mencermati beberapa hal berikut :
1) Apa yang harus diketahui tentang mendiagnosis permasalahan
pengoperasian PC dan peripheral ?
2) Apa yang harus dikerjakan dalam mendiagnosis permasalahan
pengoperasian PC dan peripheral ?
3) Bagaimana mengetahui bahwa kita telah berhasil atau belum
dalam mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan
peripheral ?
4) Apa yang harus dilakukan jika kita belum berhasil dalam
mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan peripheral ?
5) Apa yang harus dilakukan jika kita telah berhasil dalam
mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan peripheral?
b. Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan
Untuk menunjang keselamatan kerja dan kelancaran tugas yang akan
Anda lakukan, maka persiapkanlah seluruh perlengkapan yang
3
diperlukan sesuai dengan jenis tugas pada masing-masing kegiatan
pemelajaran.
c. Hasil Pelatihan
Anda akan mampu melakukan tugas/pekerjaan mendiagnosis
permasalahan pengoperasian PC dan peripheral sesuai dengan
spesifikasi yang dikehendaki.
2. Peran Guru
Guru yang akan mengajarkan modul ini hendaknya mempersiapkan diri
sebaik-baiknya yaitu mencakup aspek strategi pemelajaran,
penguasaan materi, pemilihan metode, alat bantu media pemelajaran,
dan perangkat evaluasinya.
Selain itu guru hendaknya :
1) Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar
2) Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan
dalam tahap belajar
3) Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktik baru serta
menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa
4) Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber
tambahan lain yang diperlukan untuk belajar
5) Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan
6) Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja
untuk membantu jika diperlukan
7) Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya
8) Melaksanakan penilaian
9) Menjelaskan kepada siswa tentang sikap pengetahuan dan
keterampilan dari suatu kompetensi yang perlu untuk dibenahi dan
merundingkan rencana pemelajaran selanjutnya.
4
10) Mencatat pencapaian kemajuan siswa
D. TUJUAN AKHIR
1. Peserta diklat mampu mengidentifikasi masalah melalui gejala
yang muncul pada pengoperasian PC dan peripheral.
2. Peserta diklat mampu memilah permasalahan yang terjadi pada
pengoperasian PC berdasarkan kelompoknya.
3. Peserta diklat mampu mengisolasi permasalahan yang timbul saat
pengoperasian PC stand alone dan peripheralnya
E. KOMPETENSI
Kompetensi yang akan dipelajari adalah mendiagnosis permasalahan
pengoperasian PC dan peripheral dengan uraian seperti yang
diperlihatkan dalam tabel kompetensi mendiagnosis permasalahan
pengoperasian PC dan peripheral di bawah ini.
1. Mampu mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul.
2. Mampu memilah masalah berdasarkan kelompok masalahnya.
3. Mampu mengisolasi permasalahan.
5
KOMPETENSI : Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
KODE : HDW.MNT.201.(2).A
DURASI PEMELAJARAN : 100 Jam @ 45 menit
A B C D E F G
LEVEL KOMPETENSI KUNCI
2 2 2 1 2 2 2
KONDISI KINERJA
1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
§ SOP perakitan PC;
§ Instruction Manual dari masing-masing peralatan;
§ Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
§ Peralatan atau instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
§ HDW.DEV.100.(2).A Menginstalasi PC.
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
§ Alat ukur listrik;
§ Konfigurasi dan spesifikasi perangkat PC, termasuk komponen pada bagian input, proses dan output;
§ Cara kerja komponen / modul yang didiagnosis;
§ Tujuan, produk, prosedur dan cara penggunaan peralatan untuk diagnosis dan perbaikan;
§ Prosedur dan tindakan perbaikan untuk setiap komponen / modul;
§ Penanganan permasalahan diagnosis dan perbaikan PC dan periferal.
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Mengidentifikasi masalah
melalui gejala yang muncul
§ Pesan/peringatan kesalahan, jenis
suara, dan atau jenis penampakan
visual yang muncul sebagai
error menurut user manual
diidentifikasi, baik saat Power-On-
Self-Test (POST), aktifasi file
sistem operasi, maupun saat PC
digunakan.
§ Jenis-jenis suara dan
penampakan visual yang
melambangkan masalah
terhadap pengoperasian
PC dan periferal
§ Performansi dan kondisi
pada PC
§ Menunjukkan sikap jeli dan
tanggap terhadap
perubahan kondisi pada PC
§ Memperlihatkan sikap
responsif yang tepat
terhadap masalah yang
timbul
§ Mengidentifikasi jenisjenis
pesan/peringatan
kesalahan pada
pengoperasian PC
§ Menguraikan fungsi
spesifik dari tiap-tiap
komponen pada PC
§ Mengidentifikasikan
gejala pada pengoperasian
PC dan periferal
6
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
- Jenis reaksi yang seharusnya
terjadi atau tidak terjadi dari
perangkat diidentifikasi, seperti:
- Kondisi hanging
- PC melakukan booting
berulang-ulang
- Reaksi yang seharusnya terjadi
pada komponen /modul ternyata
tidak terjadi, misalnya:
monitor tidak ada tampilan
sama sekali, tidak bisa melakukan
perintah copy ke suatu
partisi harddisk, software image
editor selalu hanging setelah
image scanner selesai melakukan
scanning.
§ Penyimpangan fungsi peralatan
input/output , misalnya :
keyboard tiba-tiba tidak berfungsi
§ Perintah yang tidak berjalan pada
kondisi normal, misalnya: tidak
bisa shutting-down
§ Ada penurunan performansi
(respond time dan atau visual)
secara nyata/signifikan (kualitatif/
relatif) terhadap kondisi normal
sebelumnya
7
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
2. Memilah masalah berdasarkan
kelompoknya
§ Masalah diklasifikasikan berdasarkan
kelompok:
- Di sisi hardware, misalnya:
kerusakan komponen di dalam
unit sistem PC, masalah
konektifitas, memori tidak
cukup, power supply casing
tidak bisa menanggung
tambahan periferal internal,
resolusi maksimal VGA card
tidak sama dengan
monitornya
- Di sisi software, misalnya
driver yang tidak compatible
dengan jenis periferalnya
- Adanya kesalahan pemakaian
yang tidak sesuai dengan
lingkungan kerja yang
disyaratkan, misalnya:
temperatur ruangan
- Adanya kesalahan
pengoperasian hardware
(misalnya: penggunaan kertas
yang melebihi ketebalan
maksimal yang disyaratkan
pada printer) atau software
(misalnya: melakukan CD
burning sementara ada
aplikasi di latar belakang yang
sedang running) yang tidak
sesuai dengan user manual
- Karena virus, batas lisensi
software, penyebab eksternal
(seperti kestabilan tegangan
jala-jala), dan atau hal lainnya
§ Klasifikasi permasalah-an
pada pengoperasian PC
§ Menempatkan klasifikasi
permasalahan dengan
tepat
§ Merumuskan hipotesa awal
yang sesuai dengan
klasifikasi permasalahan
§ Memisahkan kelompok
permasalahan
yang terjadi pada PC
berdasarkan hardware,
software, lingkungan
kerja, pengoperasian,
dan
penyebab eksternal.
§ Memilah permasalahan
yang terjadi pada
pengoperasian PC
8
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
§ Diidentifikasi jika ada kemungkinan
masalah yang muncul dari
gabungan hardware, software,
dan atau penyebab lainnya,
misalnya software driver periferal
yang tidak didukung oleh chipset
dari mainboard PC
§ Ditentukan hipotesa awal apakah
merupakan masalah hardware
atau software, jika gejala yang
muncul bukan gejala spesifik/khas
dari permasalahan salah satu
kelompok tersebut
3. Mengisolasi permasalahan § Urutan pemeriksaaan yang sesuai
ditentukan, agar proses diagnosis
dan atau perbaikan tidak menimbulkan
permasalahan baru lainnya,
misalnya: tidak melakukan
format harddisk jika masalah
sebenarnya adalah power supply
dari casing
§ Urutan pemeriksaaan yang sesuai
ditentukan, jika gejala yang
muncul sama untuk masalah
dengan penyebab yang berbeda,
misalnya: tidak bisa mencetak
(bisa dari LPT port, koneksinya,
atau printernya)
§ Tindakan yang bisa dilakukan
saat diagnosis dengan cara
penukaran perangkat/modul
sebagai langkah isolasi sumber
permasalahan ditentukan.
§ Urutan pemeriksaan yang
sistematis dalam pelaksanaan
diagnosa permasalahan
§ Tindakan-tindakan yang
dapat dilakukan untuk
mengisolasi sumber permasalahan
§ Mengikuti prosedur pemeriksaan
dalam mendiagnosa
permasalahan
§ Memilih tindakan yang
cepat dan tepat untuk
mengisolasi sumber permasalahan
§ Melaksanakan Keamanan
dan Keselamatan Kerja
(K3) dalam pengoperasian
peralatan
§ Menjelaskan urutan
pemeriksaan dan
diagnosa permasalahan
§ Menunjukkan prosedur
pengisolasian
masalah pada pengoperasian
PC dan
periferal
§ Mengisolasi permasalahan
yang timbul
saat pengoperasian
PC stand alone dan
periferalnya
9
F. CEK KEMAMPUAN
Untuk mengetahui kompetensi awal yang telah Anda miliki, maka isilah
cek lis (Ö) seperti pada table pernyataan di bawah ini dengan sikap
jujur dan dapat dipertanggungjawabkan.
Saya dapat
Melakukan
Pekerjaan ini
dengan
Kompeten
Sub Kompetensi Pernyataan
Ya Tidak
Bila
Jawaban
“Ya”
Kerjakan
3. Mengidentifikasi
masalah melalui
gejala yang
muncul
1. Jenis-jenis suara dan
penampakan visual
yang melambangkan
masalah terhadap
pengoperasian PC dan
peripheral
2. Fungsi spesifik dari
tiap-tiap komponen
pada PC
Tes Formatif
1, 2 dan 3
4. Memilah masalah
berdasarkan
kelompoknya
Klasifikasi permasa-lahan
pada pengope-rasian PC
(permasa-lahan yang
terjadi pada PC
berdasarkan hardware,
software, ling-kungan
kerja, peng-operasian,
dan penyebab eksternal)
Tes Formatif
4
4. Mengisolasi
permasalahan
1. Urutan pemeriksaan

1 komentar: